Jumat, 01 Oktober 2021

Ajaran Ki Hajar Dewantara Dalam Aspek Kebudayaan

PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM SKRIPSI . Diajukan . K. epada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagai Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) Disusun oleh: AHMAD ROSIDI. NIM. 09470175.

Ajaran Ki Hajar Dewantara bagi dunia pendidikan juga terus dilestarikan. Ada tiga ajaran penting dari Ki Hajar Dewantara, yaitu: Ing Ngarso Sun Tulodho, yang berarti di depan (pimpinan) harus memberi teladan. Ing Madyo Mangun Karso, yang bermakna di tengah memberi bimbingan.

Budi menurut Ki Hadjar Dewantara adalah jiwa yang sudah masak yaitu pikiran (cipta) yang positif perasaan (rasa) yang halus dan indah, dan kemauan (karsa) yang mulia atau luhur. Sedangkan daya atau kekuatan adalah tenaga (energi) yang dimiliki manusia untuk mewujudkan pikiran, perasaan dan kemauarmya dalam bentuk perbuatan (pekerti).

20/04/2018 ÿú KI Hajar Dewantara adalah sebuah mutiara terlupakan dalam dunia pendidikan di tanah air. Padahal buah pikir beliau tentang strategi membangun sumber daya manusia yang baik tak kalah dengan pakar pendidikan dari negeri seberang. Pemikiran beliau mampu melampaui zaman ketika beliau masih mengabdi untuk negeri tercinta.

Jurnal KELUARGA Vol 5, No 01, Februari 2019 190 MODAL BUDAYA SEBAGAI PENGUAT PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS AJARAN KI HADJAR DEWANTARA DI SEKOLAH DASAR Heri Maria Zulfiati1 heri.maria@ustjogja.ac.id, Menurut Ki Hajar Dewantara dalam Riyanto (2004) manusia memiliki daya jiwa yaitu cipta, karsa dan karya.Pengembangan manusia seutuhnya menuntut pengembangan semua daya secara seimbang. Pengembangan yang terlalu menitikberatkan pada satu daya saja akan menghasilkan ketidakutuhan perkembangan sebagai manusia.;"